5 IDE BISNIS JUALAN UNTUK MOMMY

Peluang bisnis untuk ibu rumah tangga

 

Hai Pelanggan setia demode, khususnya iburumah tangga. Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti hanya bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang tak ada habisnya, banyak peluang bisnis yang bisa dikerjakan sambil mengurus anak dan suami yang tentunya bisa menambah pemasukan untuk keluarga.

Ragu karena belum pernah berbisnis sebelumnya? Tidak perlu khawatir, beberapa ide bisnis yang dipaparkan di bawah ini sudah dikondisikan untuk modal yang tidak terlalu besar. Berikut beberapa ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga:

1. Warung makan dan catering

Coba perhatikan lokasi tempat tinggal Anda. Jika rumah Anda terletak di sekitar lingkungan kampus, kos-kosan, perkantoran, paling tidak area yang dilalui banyak orang, maka bisnis warung makan akan sangat menjanjikan.Terlebih jika Anda memiliki kemampuan memasak makanan yang beragam dan enak. Warung Anda akan ramai dikunjungi oleh para karyawan, mahasiswa, atau buruh, terutama pada jam-jam makan siang. Kalau ingin lebih mengembangkan bisnis warung makan ini, mungkin Anda bisa sekaligus membuka jasa katering. 

Anda bisa menawarkan kerjasama jangka panjang dengan kantor-kantor selama satu pekan. Anda juga bisa menawarkan kepada kerabat atau tetangga untuk memakai jasa katering pada acara-acara tertentu. Namun, jika bisnis Anda sudah berkembang, jangan lupa untuk merekrut tenaga tambahan dalam menjalankan bisnis rumahan ini ya.


2. Buka Les Private di Rumah

Jika Anda suka mengajar dan memiliki kemampuan akademik yang baik di bidang mata pelajaran tertentu, Anda bisa membuka sebuah tempat les bagi anak-anak sekolah di sekitar rumah. Ini memang butuh kemampuan yang sangat baik. Karena itu pastikan Anda memiliki kemampuan akademik yang meyakinkan.

Bila ternyata banyak yang berminat, tidak ada salahnya Anda memperbesar usaha dengan cara merekrut tenaga pengajar yang kompeten dan professional.


3. Penulis lepas


Jika Anda punya minat dan kemampuan menulis artikel, baik itu artikel narasi, tutorial, maupun informasi/berita, Anda bisa menyalurkannya sebagai penulis artikel blog/website. Profesi ini menawarkan penghasilan yang menjanjikan lho. Ada beberapa media online yang butuh penulis artikel secara konsistem. Inilah peluang yang bisa dimanfaatkan oleh para penulis artikel untuk mendapatkan uang dari hobi menulis.


4. Kerajinan tangan

Masih menggunakan ketrampilan tangan, Anda bisa mencoba membuat berbagai kerajinan tangan untuk bisnis rumahan. Jika lokasi tempat tinggal Anda berada di dekat daerah wisata, ide bisnis ini akan sangat tepat dan menjanjikan. Sebab, akan ada banyak turis local maupun mancanegara yang berkunjung. Dengan begitu, peluang Anda dalam bisnis ini semakin besar. Pada umumnya, produk yang dihasilkan tangan (hand made) memiliki nilai jual tinggi, terlebih jika produk tersebut unik. Selain akan memperoleh keuntungan dan penghasilan dari penjualan kerajinan tangan, Anda juga dapat membantu negara dalam mempromosikan kebudayaan daerah melalui kerajinan tangan kepada para turis yang datang. Sebelum mulai bisnis ini, ada baiknya Anda selalu melakukan observasi kerajinan tangan saat berkunjung keberbagai daerah wisata. Anda bisa menirunya dan memodifikasinya. Namun, akan lebih bagus jika Anda menciptakan bentuk dengan inovasi baru.


5. Online shop fashion

Tidak perlu buka took untuk buat bisnis fashion, bila memiliki keterampilan di bidang pemasaran internet atau sosial media, tidak ada salahnya Anda membuat toko online sendiri dan mengelolanya secara profesional.

Pilihlah supplier fashion yang bisa mendukung penjualan pakaian secara online dan meminimalisir waktu Anda. Seperti DEMODE yang selalu menawarkan produk dengan design terbaru yang uptodate, sehingga tidak ada keraguan untuk memulai bisnis fashion meskipun Anda tidak mengikuti trend fashion saat ini.

Selain itu, DEMODE juga akan memberikan foto pakaian yang akan Anda jual sehingga Anda tidak perlu repot untuk foto baju lagi sehingga akan menghemat waktu Anda.